Kecamatan Sokobanah

JEBOL PBB

 

Jebol PBB (Jemput Bola Pajak Bumi dan Bangunan) adalah bentuk inovasi yang  dilakukan oleh Seksi Pemerintahan dan Layanan Umum untuk meningkatkan pendapatan pajak bumi dan bangunan Kecamatan Sokobanah khususnya dan Kabupaten Sampang secara keseluruhan. Kegiatan JEBOL PBB (Jemput Bola Pembayaran Pajak Bumi Bangunan) merupakan kegiatan yang sifatnya koordinatif. Seksi Pemerintahan dan Pelayanan umum Kantor Kecamatan Sokobanah melakukan koordinasi dan pendekatan secara persuasive kepada Kepala Desa se Kecamatan Sokobanah untuk penagihan Pajak Bumi dan Bangunan. Pihak Kecamatan Sokobanah melalui Seksi Pemerintahan dan Palayanan Umum mendatangi tiap-tiap Kepala Desa se Kecamatan Sokobanah yang kemudian dengan jadwal yang sudah disepakati, Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kecamatan Sokobanah membuat stand sederhana atau membuka loket pelayanan pembayaran PBB yang bertempat di Balai Desa. Dan cara ini juga dapat memberikan suasana positif bagi hubungan antara pemerintah kecamatan dengan pemerintah desa se Kecamatan Sokobanah serta menambah rasa kepercayaan masyarakat (pembayar pajak) bahwa dana atau uang yang mereka setorkan benar-benar sesuai peruntukannya.

Kegiatan inovasi Jebol PBB (Jemput Bola Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan) ini sudah dilakukan uji coba di Desa Tamberu Barat Kecamatan Sokobanah pada tahun 2022. Pertama yang dilakukan adalah Kasie Pemerintahan dan Pelayanan Umum melakukan sosialisasi dan penjadwalan kepada Pemerintah Desa Tamberu Barat dan berdasarkan kesepakatan tersebut, sebagian staf membuka loket dengan membawa formulir pengisian Surat Setor Pajak, sebagai tanda terima pembayan pajak bumu dan bangunan (PBB) masyarakat pembayar pajak akan mendapatkan tanda bukti setor pajak bumi dan bangunan yang didalamnya tercantum ukuran luas tanah dan atas nama kepemilikan atas tanah yang dibayarkan. Animo masyarakat (pembayar pajak) cukup tinggi untuk tahap awal pelaksanaan inovasi dan diharapkan ke depan masyarakat (pembayar pajak) semakin sadar akan kewajiban atas aset tanah dan bangunan yang meraka miliki.

Seluruh rangkaian kegiatan inovasi Jebol PBB (jemput bola permbayaran pajak bumu dan bangunan) Kecamatan Sokobanah tidak terlepas dari Undang-Undang (UU) No. 28 Tahun 2009Tentang Pajak dan Retribusi Daerah yang menjelaskan Bahwa pemerintah kabupaten atau pemerintah kota memiliki wewenang dalam melakukan pemungutan atas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di sektor pedesaan dan perkotaan (PBB-P2)Bahwa pemerintah atau pusat memiliki wewenang terhadap sektor Pertambangan, Perhutanan, dan Perkebunan (PBB-P3) dan termasuk Peraturan Bupati Sampang No. 10 Tahun 2013 tentang Penggunaan Biaya Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Kabupaten Sampang danPeraturan Bupati Sampang Nomor : 13A Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Sampang Nomor 10 Tahun 2013 Tentang Biaya Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Kabupaten Sampang.

  • Keterbaruan Inovasi :
    1. Jemput Bola Pembayaran PBB (Jebol PBB) merupakan inovasi sebagai upaya untuk meningkatkan angka pembayaran PBB masyarakat Kecamatan Sokobanah
    2. Optimalisasi SDM yang ada di kantor Kecamatan Sokobanah khususnya Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Umum untuk berkontribusi meningkatkan pendapatan Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang
  • Tujuan inovasi :

Meningkatkan pelayanan Kantor Kecamatan Sokobanah kepada wajib pajak sebagai bagian dari perwujudan visi dan misi Kantor Kecamatan Sokobanah, yaitu memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat.

  • Manfaat inovasi :
    1. Meningkatkan angka kesadaran masyarakat terhadap kewajiban pembayaran PBB
    2. Meningkatkan partisipasi aktif masyarakat wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya.
    3. Meningkatkan pendapatan Pemerintah Kabupaten Sampang dari sektor PBB.

Meningkatkan kepercayaan masyarakat wajib pajak kepada pemerintah sebagai petugas pemungut pajak.

ALUR PELAYANAN JEBOL PBB