Kecamatan Sokobanah

Profile

PROFILE

KECAMATAN SOKOBANAH

Kecamatan Sokobanah terletak di Kabupaten Sampang bagian Utara yang beralamat di Jalan Merdeka No. 30 Sokobanah Desa Sokobanah Daya Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang, Adapun Batas geografis kecamatan Sokobanah  adalah sebagai berikut sebelah utara laut jawa, Sebelah timur Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan, Sebelah Selatan Kecamatan Robatal dan Kecamatan Karang Penang dan sebelah barat Kecamatan Ketapang. Jarak terhadap ibu kota / kabupaten adalah 57 Km dan jarak terhadap Ibu kota Propinsi 57 Km. Kecamatan Sokobanah terdiri dari 12 Desa yaitu :

  1. Desa Tobai Barat
  2. Desa Tobai Tengah
  3. Desa Tobai Timur
  4. Desa Bira Tengah
  5. Desa Bira Timur
  6. Desa Sokobanah Laok
  7. Desa Tamberu Laok
  8. Desa Tamberu Daya
  9. Desa Sokobanah Tengah
  10. Desa SokobanahDaya
  11. Desa Tamberu Barat
  12. Desa Tamberu Timur

Berdasarkan pembentukannya batas Kecamatan Sokobanah adalah :

  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Robatal dan Kecamatan Karang Penang
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Ketapang
  • Sebelah Utara Berbatasan dengan Lautjawa
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan

 

Jumlah penduduk Kecamatan Sokobanah sampai dengan Bulan Desember 2017 sebanyak 67.754 jiwa yang terdiri dari :

  • Penduduk Laki-laki sebanyak 916 jiwa
  • Penduduk Perempuan sebanyak 838 jiwa

Rata-rata penduduk di Kecamatan Sokobanah bermata pencaharian petani/buruh tani dengan kondisi  tanah tadah hujan dan Nelayan. Fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdapat 2 (dua) puskesmas induk yaitu PKM Batulenger dan PKM Tamberu Barat

 

  • Keunggulan Dan Potensi Kecamatan Sokobanah

Adapun Keunggulan dan Potensi Kecamatan Sokobanah yaitu Tempat Wisata yang menjadi potensi besar bagi Kecamatan Sokobanah. terdapat dua Tempat Wisata yaitu Pantai Lon Malang yang terletak di Dusun Batulenger Timur Desa Bira Tengah Kecamatan Sokobanah dan Pantai Jodoh yang terletak di Dusun Balanan Desa Bira Timur Kecamatan Sokobanah Produk unggulan dari Kecamatan Sokobanah antara lain : Hasil kerajinan tangan penduduk Kecamatan Sokobanah yaitu Produk hasil bumi yaitu Kacang Mede atau biasa disebut Mente. Bawang merah, kedelai, cabe jamu dan tembakau. Untuk petani Mente banyak ditemui di Desa Tamberu Barat, Tamberu Daya, Sokobanah Tengah, Sokobanah Daya, Sokobanah Laok, Bira Tengah dan Bira timur. Sedangkan bawang merah dan tembakau diproduksi oleh seluruh desa di Kecamatan Sokobanah kecuali Desa Tamberu Timur. Adapun kedelai yang diproduksi oleh Desa Tobai Barat, Tobai Tengah, Tobai Timur, Sokobanah Laok, Tamberu Laok dan Tamberu Daya. Untuk cabe jamu bisa didapatkan di Desa Sokobanah Daya, Sokobanah Tengah, Sokobanah Laok, Bira Tengah, Bira Timur, Tamberu Barat dan Tamberu Daya.