REVIEW STUNTING, Oleh Tim PKK Kabupaten Sampang Terhadap Tim Penggerak PKK Kecamatan Sokobanah

kec-sokobanah.sampangkab.go.id

SOKOBANAH. Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sampang Ibu Vanny Abdullah Hidayat mengajak Tim Penggerak PKK Kecamatan Sokobanah untuk menghapuskan stunting atau kurang gizi kronis pada anak di Kabupaten Sampang khususnya di Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang.

Demi menanggulangi stunting di Kabupaten Sampang, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sampang mengadakan acara Review Stunting Bagi Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Sampang. Yang pada hari ini (Rabu) bertepatan terhadap Tim Penggerak PKK Kecamatan Sokobanah yang diadakan di Pendopo Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang (05/02/20).

Ibu Vanny dalam sambutannya menjelaskan pola makan anak supaya terhindar dari Stunting karena dari asupan gizi yang kurang adalah penyebab utama terjadinya Stunting selain faktor-faktor yang lain.

Ibu Sri Firdausi selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sokobanah dalam laporannya menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya diadakan Review Stunting dan semoga seluruh ilmu yang didapat di acara ini dapat dituturtularkan kepada masyarakat luas oleh para anggota PKK Kecamatan Sokobanah beserta seluruh Kader.

Ibu Eni Widiowati dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang dalam penjelasannya mengatakan bahwa Stunting dapat dimulai dari kehamilan, terutama gizi ibu hamil.
“Ibu hamil itu harus bahagia, walau di tengah kesederhanaan hidupnya tetapi dia harus bahagia, harus terpenuhi gizinya, di sinilah peran PKK,” ujarnya

Ibu Eni mengatakan tidak hanya saat mengandung, setelah melahirkan pun para ibu juga harus mengkonsumsi makanan bergizi untuk menghasilkan Air Susu Ibu (ASI) yang baik bagi buah hati.

“Setelah melahirkan harus diberikan ASI dan untuk ASI yang berkualitas, sang ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi,” katanya. Beliau minta kader PKK mengedukasi masyarakat betapa pentingnya pencegahan stunting.

Ketua Pokja I PKK Kabupaten Sampang menjelaskan peran serta Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat Kabupaten sampai Desa serta upaya pencegahan Stunting yang menjadi permasalahan yang dihadapi saat ini.