Kecamatan Sokobanah

SIREGAR

          Berdasarkan pada susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja di Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang ada permasalahan terkait dengan cara pengadministrasian dan pengarsipan data-data kependudukan yang dirasa kurang berjalan dengan baik, sehingga banyak data tersebut terbengkalai. Misalnya ada beberapa berkas yang hilang karena berbagai macam sebab, contohnya: penyimpanan berkas yang kurang rapi, rusak karena dimakan usia, dan lain-lain. Kemudian permasalahan berikutnya adalah terjadi penumpukan berkas Hard Copy (kertas) khususnya pada Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang, padahal di masa depan penggunaan kertas akan semakin dikurangi (paperless).Untuk merespon permasalahan tersebut,   Maka Seksi Pemerintahan Dan Pelayanan Umum Di Kecamatan Sokobanah membuat Inovasi yang berbasis IT dan diberinama SIREGAR. SIREGAR adalah system informasi yang membantu pekerjaan membuat register secara online dan untuk menyimpan dokumen-dokumen pelayanan yang dijadikan satu tempat penyimpanan menggunakan Drive,  sehingga dengan adanya inovasi SIREGAR diharapkan bisa memberikan kemudahan, memberikan efektifitas dan efisiensi pekerjaan sehingga penyimpanansemua data register dapat tersusun dengan rapi, paperless, dan mudah diakses.

Mengingat kemajuan teknologi informasi telah menjadi sebuah keniscayaan maka, penyedia layanan masyarakat dalam hal ini Kantor Kecamatan Sokobanah harus juga mengikuti arus perubahan tersebut. Penggunaan smartphone seakan telah menyentuh seluruh lapisan masyarakat bahkanhingga lapisan masyarakat yang paling bawah sekalipun.   Jadi dengan hadirnya SIREGAR tidak akan memberikan kendala yang berarti bagi masyarakat pengguna layanan khususnya Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kecamatan Sokobanah.

Berikut cara kerja inovasi SIREGAR, yaitu:

  1. Masyarakat (pengguna layanan) yang ingin mendapatkan pelayanan Legalisir dan Register misalnya : SKM (surat keterangan miskin), Surat Keterangan Ahli Waris dan Surat Keterangan lainnya akan diberikan link google form melalui kontak center yang ada di loket pelayanan Kantor Kecamatan Sokobanah
  2. Operator SIREGAR akan menanggapi masukan data dari pengguna layanan dan akan mencatat di dalam buku register online
  3. Terbit nomor register dan permohonan yang disetor oleh pengguna layanan sudah ditandatngani oleh bapak Camat atau yang mewakili.
  4. Semua proses pengguna layanan akan didampingi oleh Operator SIREGAR

 

  • Keterbaruan Inovasi :
  1. SIREGAR mencakup semua layanan registrasi di Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kecamatan Sokobanah
  2. Memanfaatkan kemajuan informasi teknologi (IT)
  3. Memanfaatkan ketersediaan SDM Kantor Kecamatan Sokobanah yang menguasai di bidang informasi teknologi (IT)
  • Tujuan inovasi :

Memberikan Pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat pengguna layanan dengan memanfaatkan informasi teknologi (IT) dan ketersediaan SDM yang memadai secara kapasitas dan kapabilitas

  • Manfaat inovasi :
    1. Menyingkat waktu, biaya dan operasional proses registrasi surat menyurat pada Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kecamatan Sokobanah
    2. Mengurangi penggunaan kertas (paperless).
    3. Tetap mengutamakan kenyamanan keakuratan dan keamanan data masyarakat pengguna layanan